Jumat, 01 April 2016

Menghidupkan Kembali BSA B34 1951

BSA B34 Scrambler
MOTOR tua, yang biasa disebut dengan motor jadul, saat ini kebanyakan orang memanfaatkannya sebagai kebutuhan hobi saja untuk dikoleksi. Karena, komponen motor tua  sudah tidak bekerja maksimal.

Kemampuannya untuk menerabas jalanan juga terbatas. Meskipun begitu, tetap saja ada orang yang sangat optimistis pandangan ini masih dapat diubah. Sebut saja Nate Hudson, seorang pecinta motor tua BSA B34.

Dirinya terinspirasi dari sang ayah yang menggunakan motor produksi tahun 1951 itu di era 50-an untuk kegiatan sehari-hari. Nate ingin menggunakan motor BSA B34 itu sebagai tunggangan idaman saat melibas jalanan.

Awalnya, saat memiliki minat dan inspirasi itu muncul, Nate berburu motor tua BSA B34 melalui situs jual beli eBay berhubung cukup sulit untuk mendapatkan motor tua di jam serba modern ini.



Motor BSA B34 tergolong produk yang sangat langka karena tenggelam dengan motor produksi jaman sekarang dengan berbagai model yang sangat menarik. Selanjtnya, saat nate berhasil mendapatkan motor BSA B34 itu, dirinya langsung melakukan perawatan ekstra dengan berbagai perubahan agar tampil segar kembali namun masih mempertahankan kemurnian dari komponen mesinnya.

Tidak tanggung-tanggung, dirinya pun mengutus British American Motors di Long Beach untuk melakukan perawatan ekstra pada motor BSA B34 miliknya yang saat ini umurnya sudah beranjak 62 tahun.

Perubahan yang dilakukan yaitu pada bagian ring piston beserta pistonnya, klaher dan juga katup. Alhasil, kini motor BSA B34 milik Nate dapat menerabas jalanan dengan sangat mulus dan mampu berlari layaknya motor jaman sekarang.

Meskipun begitu, ternyata terdapat satu kendala yaitu sulitnya mendapatkan Dinamo Lucas untuk sistem pengisian. Bahkan untuk mendapatkan informasi mengenai itu juga sangat sulit didapatkan.

Nate menjelaskan bahwa dinamo hanya menghasilkan daya sebesar 0,5 volt dimana dengan daya itu, untuk mengedipkan bola lampu saja tidak sanggup. Dengan kesulitan yang Ia hadapi, memunculkan ide segar yaitu dengan mengadopsi aki kering dengan daya 6 volt.

Aki tersebut Ia sematkan diantara transmisi dan mesin. Tenaga yang dihasilkan dari aki kering tersebut untuk keperluan lampu rem dan juga sistem kelistrikan lainnya. (chy)

SUMBER:http://cahiya.com/hidupkan-kembali-motor-bsa-b34-tahun-1951-untuk-menghajar-jala nan

Tidak ada komentar: