Sabtu, 19 Maret 2016

Panitera Penyemplak Motor BSA

Bayu bersama BSA 350 Cc miliknya
MEMILIKI banyak motor antik rupanya menjadi kepuasan tersendiri bagi Hendra Bayu Broto Kuncoro. Kolektor motor antik yang akrab disapa Bayu ini tak disangka adalah Panitera Muda Hukum Pidana Pengadilan Negeri (PN) Solo.

Bayu juga menjadi Ketua Motor Antik Community Indonesia (MACI) Chapter Solo. Saat ditemui di ruang kerjanya di PN Solo, pria berkumis ini terlihat nyentrik dengan memakai seragam khas bikers.

Banyak ornamen-ornamen dan foto antik yang dipajang di meja dan dinding tempat kerjanya.
"Foto-foto itu hanya untuk memberikan suasana berbeda di PN. Sehingga bisa mengubah kesan seram kepada pengunjung saat melihat foto yang terpajang di pengadilan," terang pria kelahiran Pacitan 49 tahun silam itu.



Bayu mengakui mempunyai 40 motor antik berbagai jenis pabrikan dari berbagai negara yang menghiasai rumahnya di Ngadisono RT 05 RW14 Kadipiro, Banjarsari. Motor favoritnya seperti Macthles, BSA, Royall Einfield, Jawa. Rata-rata buatan sebelum 1956.

Hobi mengoleksi motor antik itu sudah ditekuninya sejak masih duduk di bangku SMA. Motor pertamanya adalah Macthles yang didapat dengan menukarkan motor vespa barunya kepada teman-temanya.

Tidak semua motor keleksinya tersebut mudah didapat, kebanyakan motor yang ia koleksi adalah rampasan perangatau motor bekas zaman penjajahan Belanda. Karena itu, tak heran jika keberadaaan surat-suratnya sudah dipastikan hilang.

Bayu yang kesehariannya mendampingi Ketua PN, Herman H Hutapea saat memimpin sidang ini mengaku bangga dengan koleksi motornya tersebut. Dia juga mempunyai satu koleksi motor Harley Davidson yang sudah ditawar salah satu jenderal.

Tetapi dia tidak diberikan begitu saja walaupun ditukar dengan tiga motor sekalipun. "Jika ditaksir harganya bisa mencapai miliaran, tapi tetap tidak saya kasihkan karena motor itu langka," tegasnya.

Dalam perawatannya, Bayu mengungkapkan tak merepotkan, hanya dengan mengosongkan tangki bensin dan menutup oli mesin. Kemungkinan dalam waktu dekat semua koleksi motor itu akan dibuatkan Bayu museum kecil-kecilan. (Alfian Agung Prabowo)

SUMBER:http://www.soloblitz.co.id/2013/03/23/hendra-bayu-panitera-yang-hobi-koleksi-motor -antik/

Tidak ada komentar: